Demo Blog

Welcome

Sejarah Komputer

by Muhammad Amin on Nov.22, 2009, under



Komputer adalah salah satu karya ciptaan manusia yang sangat susah untuk dikesampingkan. Komputer adalah mungkin dapat dikatakan salah satu ciptaan terbaik dari umat manusia. Sejarah komputer dalam perkembangannya untuk mencapai posisi dan keadaan seperti sekarang (hingga saat ini yang kita kenal) memakan waktu yang tidak instant, namun telah melewati proses yang begitu sangat panjang dari masa ke masa peradaban umat manusia. Seberapa canggihnya komputer, benda ini hanyalah sebuah alat untuk membantu setiap kegiatan manusia di dunia. Pada dasarnya peralatan pengolahan data tersebut dapat golongkan ke dalam beberapa kategori, yaitu:

1. Peralatan yang didisain secara manual, peralatan ini biasanya sangat tergantung kepada tenaga secara manual yaitu manusia tentunya, sehingga kerjanya lebih lambat.
2. Peralatan mekanik, merupakan peralatan dimana kedudukannya di atas dari perlatan pada poin pertama. Peralatan ini menggunakan system mekanik, tapi tetap saja memerlukan tenaga manusia untuk mengoperasikannya sebagian besarnya.
3. Sistem peralatan mekanik yang bersifat elektronik. Alat ini mengadopsi prinsip mekanik, namun pengoperasiannya didominasi oleh elektrik dimana masih sedikit melibatkan manusia dalam pengoperasianya..
4. Full elektronik machine, sesuai dengan namanya alat ini sepenuhnya dikendalikan dan dioperasikan secara elektronik.
Seperti dituliskan pada paragraph pertama, perkembangan komputer memerlukan proses yang sangat panjang dan merupakan salah satu bagian peradapan umat manusia. Oleh karena itu, dari waktu ke waktu sejarah perkembangan komputer juga mengalami perubahan. Berikut beberapa poin penting tentang sejarah komputer dalam perkembangannya mengikuti arus zaman yang dirangkum dari beberapa sumber artikel di internet.
Alat yang Sifatnya Manual Jadi Otomatis
Menurut beberapa artikel komputer yang berhasil penulis temukan, peradaban tentang pengenalan komputer, atau penghitungan secara numerik (dimana lebih akrab ditelinga kita dengan sebutan komputasi) diawali dengan tercipntanya alat yang diberi nama ALBACUS. Alat ini diperkirakan lahir sekitar kurang lebih 5000 tahun yang lalu di desa kecil daerah ASIA. Sistem alat ini menggunakan biji-bijian sebagai poin yang mewakili angka yang dapat digeser dengan mengkaitkan biji-bijian tersebut pada suatu tangkai. Gambaran alat ini mirip sekali seperti sempoa, tapi lebih sederhana dibandingkan sempoa. Alat ini pada zamannya sering digunakan oleh manusia untuk perhitungan perdagangan.
Melewati masa albacus, sekitar tahun 1642 ditemukan alat yang lebih modern dibandingkan albacus. Alat ini ditemukan di Eropa oleh Blaise Pascal pada tahun antara 1623 s.d 1662. Blaise Pascal pada waktu itu masih berumur sekitar 18 tahun. Alat ini lahir berkat dorongan karena ia ingin membantu mengerjakan tugas-tugas Ayah-nya dalam bidang perpajakan. Alat yang ditemukan Blaise Pascal dinamakan Pascaline. Pascaline sendiri mirip sekali dan lebih dikenal sebagai kalkulator roda numerik. Alat ini terbuat dari logam kuningan (kotak persegi kuningan) dan dapat menghitung sampai ketelitian bilangan berbasis sepuluh. Namun sayangnya alat ini cuma terbatas pada perhitungan pertambahan atau penjumlahan.
Lahirnya Pascaline, merupakan salah satu faktor pondasi untuk peritungan secara numeric. Hal ini terbukti dengan ditemukan inovasi baru oleh Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716), ia adalah ilmuwan jerman yang dikenal sangat inovatif. Leibniz sendiri menemukan alat yang mengadpsi sistem Pascaline yang mana dikembangkan untuk dapat mengperasikan operasi matematika yang sifatnya perkalian.
Kemudian pada sekitar tahun 1820, kalkulator mekanik mulai digemari dan popular ditengah-tengah masyarakat pada waktu itu. Hal ini ditandainya dengan ditemukannya alat mesin baru yang bekerja secara mekanik yang dapat dioperasikan untuk menghitung emapat fungsi aritmatika dasar. Alat ini ditemukan oleh Charles Xavier Thomas de Colmar. Alat temuan Colmar ini dapat beroperasi untuk menghitung data secara matematis untuk perkalian, pembagian, pengurangan, dan penjumlahan. Untuk zamannya, mesin ini mengalami masa keemasan. Karena alat ini mampu bertahan dan terus digunakan hingga sebelum perang dunia I meletus. Pascal,  Leibniz, dan Colmar akhirnya bergabung untuk menciptakan jenis komputer baru secara mekanikal untuk membangun perkembangan komputer ke arah yang lebih baik.
Pada dasarnya awal mula perkembangan komputer moderen terbetuk atas prakarsa seorang professor dari Inggris dibidang matematika, yaitu Charles Babbage pada periode 1791 s.d 1871.  Babbage mengembangkan kombinasi yang singkron antara mekanika dan matematis. Ia beranggapan bahwa kasus mekanika dapat diselesaikan secara matematis dengan menggunakan suatu program tertentu. Hal ini yang mendasari penemuan alat yang dapat menjawab permasalahan mekanik. Sebagai implementasi dari pemikirannya tersebut, Babbage menciptakan mesin computer yang dapat bekerja dan menghitung persamaan diferensial. Hal ini terjadi pada tahun 1822. Sesuai dengan kinerjanya mesin tersebut jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia dinamakan mesin deferensial. Setelah selang 10 tahun, Babbage memiliki pemikiran baru tentang perkembangan teknologi komputer ke depannya.  Dengan terus belajar komputer dengan ilmu pengetahuan komputasi yang masih minim waktu itu, Babbage terinspirasi untuk menciptakan komputer bersama (purpose general komputer) yang pertama kali digunakan di dunia. Dalam pencapaian usaha idenya, Babbage banyak dibantu oleh asistennya yang mempunyai andil peran penting. Asisten tersebut adalah Augusta Ada King (1815-1842). Agusta memiliki peran penting karena banyak usahanya untuk pemerolehan dana ke pemerintahan Inggris dan mempublikasikan tentang keinginan Babbage untuk menciptakan mesin yang diberi nama Anlytical Engine. Oleh karena peranan Augusta yang sangat besar dalam hal ini, banyak pihak yang sangat menghormatinya dan mengaguminya, salah satunya lahirnya bahasa pemograman untuk belajar komputer yang diberi nama bahasa pemograman ADA, yang diciptakan oleh Departemen Pertahan USA pada tahun 1980.
Belajar komputer memang tidak ada habisnya, hal itu pulalah yang mungkin melatarbelakangi faktor pendorong untuk terus terjaganya sejarah positif perkembangan teknologi komputer. John V. Atanasoff dan Clifford Berry tahun 1903, mulai belajar menerapkan prinsip ilmu Boolean untuk menciptakan komputer elektrik pada sirkuit elektrik. Prinsip Boolean sendiri dikemukan oleh George Boole (1815-1864). Sebenarnya belajar Boolean sendiri bisa tergolong susah-susah gampang. Saat ini prisip Boolean telah dipakai di banyak teknologi piranti komputer. Prisip Boolean adalah prinsip pengaplikasian benar atau salah, pada massa George, ia mengaplikasikan hal ini untuk sirkuti listrik dengan kondisi terhubung atau putus. Untuk membahas Boolean silahkan cari sendiri mengenai artikel ini, karena telah banyak sumber yang membahas mengenai artikel Boolean.
Zaman Sekarang
Perkembangan komputer makin hari makin canggih dan makin bersifat mini. Untuk perkembangan teknologi komputer sekarang adalah serba on-line. Hal ini dengan adanya bukti adanya beragam software development, teknologi sifatnya wireless, dan teknologi kesukaan sebagian besar manusia (mungkin semuanya kaliya alias 99,9999%) yaitu teknologi internet.  Kemudian teknologi mini yang dimaksud adalah dengan adanya perkembangan berbagai macam perusahaan development yang berlomba-lomba dalam menciptakan gaget yang sangat aktrktif seperti hp (handphone), kamera digital (tapi herannya kamera yang sifatnya manual malah menjadi barang prestisius, mungkin terkait seni camera kaliya he he…), mp3 playes, Ipod, games digital yang lagi membuming (terus kapan pembumihangusannya??? Jangan kali, banyak orang yang suka tuh he he) dan masih banyak lagi deh, silahkan melihat sendiri di sekitar lingkungan Anda. Karena saya yakin Anda akan lebih baik.
Menyinggung tentang sejarah perkembangan teknologi komputer dari dahulu sampai  zaman sekarang, tentunya kita tidak bisa melepaskan diri dari Microsoft (terutama pada saat ini). Microsoft sendiri sampai saat ini produknya yang terbaru adalah windows vista, yang tampilannya keuren banget. Sebelum meluncurkan Vista, Microsoft sendiri telah menciptakan produk widows pioneer yaitu, widows Xp dimana merupakan kombinasi dari produk sebelumnya yaitu widows’ 98 dan widows NT.
Melihat begitu kokohnya dominasi widows, sebenarnya banyak pihak yang telah berusaha menggoyang kedikdayaannya. Namun sampai saat ini belum terlihat hasilnya secara maksimal. Salah satu produk yang dengan niat besar menyaingi Microsoft adalah Linux. Sebagaimana Anda tahu, Linux adalah salah satu OS alternative yang mungkin dapat Anda gunakan jika Anda terkena razia hak cipta software (karena kita mengetahui betul sebagian masyarakat Indonesia menggunakan produknya Bil Gates secara illegal, alias tidak mau bayar, mungkin hal ini yang bikin kita bersyukur wakaka….). Sudah banyak berbagai perusahaan yang merasa tersaingi oleh Linux. Mereka kuatir jika Linux nguasain dunia maka cilakalah mereka. Mereka yang kebakaran jenggot ini diantaranya adalah Microost, UNIX, SCO dan mungkin masih banyak lagi.
Terlepas dari itu semua perkembangan teknologi komputer saat ini yang sedang hot banget dipake, dirasain, dinikmatin, diyarain (tidak gratis solanya, coba gratis mak nyus tenan itu mah wakakak…) adalah internet dan GPS. Di zaman yang sedang edan dan penuh dengan globalisai ini, mungkin internet bisa dikatakan telah menjadi kebutuhan pokok untuk sebagian orang. Teknologi internet yang mudah diakses dan cepat, memungkinkan setiap individu dapat berkomunikasi secara baik dengan yang lainnya. Setiap detik ada user-user baru yang belajar menggunakan dan mengakses internet. So… Anda membutuhkan suatu informasi, maka internet adalah jawabannya. Sedangkan GPS sendiri saat ini juga mengalami perkembangan pesat. Dengan menggabungkan dengan teknologi internet, GPS juga sangat mudah diakses. Mungkin Anda pernah melihat dunia dengan “Google Earth”? Jika pernah maka Anda tahu apa yang saya maksud. Coba google earth sudah ada ketika saya dulu belajar tentang Geografi, mungkin bakal lebih mudah untuk belajar tentang Geografi baik nasional maupun internasional. Kerena lebih mudah untuk dikayalin dan dibayangkan. Yang ditunggu dari program google earth adalah kapanya google earth bisa digunakan buat ngintip orang mandi wakakaka…….
0 komentar more...

0 komentar

Posting Komentar

Slidershow

mantap

Pages

Labels

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!